Minggu, 11 Oktober 2009

Mata Uang Logam Cirebon


Penelitian ini dilakukan oleh Henny Indratiningsih, diberi judul Mata Uang Logam Cirebon Koleksi Museum Nasional, pada 1995 sebagai skripsi sarjana bidang Arkeologi pada FSUI. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan gambaran lengkap dari data utama, mengetahui bacaan dan arti tulisan, serta melihat kemungkinan hubungan antara keberadaan huruf Latin dan Cina pada mata uang tersebut dengan sejarah Cirebon.

Metode penelitian yang digunakan terdiri atas tiga tahap. Pertama, pengumpulan data, terdiri atas data kepustakaan dan data lapangan.

Kedua, pengolahan data, dengan melakukan pemerian data secara lengkap. Pada tahap ini juga dilakukan analisis dengan memakai metode klasifikasi taksonomi, yang bertujuan untuk membentuk tipe mata uang Cirebon dengan indikator sejumlah atribut. Atribut utama yang ditetapkan adalah komponen penciri utama berupa huruf, tanda, dan “polos”.

Tahap ketiga adalah penafsiran data, dengan cara mengidentifikasikan dan menganalogikan ciri-ciri mata uang ini dengan sumber-sumber sejarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

♦ Kontak Saya ♦

Nama Anda :
Email Anda :
Subjek :
Pesan :
Masukkan kode ini :

.

Photobucket

.

Pyzam Glitter Text Maker