Kamis, 05 Maret 2009

Museum Uang Purbalingga Pecahkan Rekor Muri


Purbalingga, CyberNews. Museum Uang Purbalingga yang terletak di kompleks Taman Reptil di Kecamatan Kutasari, Purbalingga berhasil memecahkan rekor Muri. Museum yang diresmikan bertepatan dengan Hari Jadi Ke 178 Purbalingga, Kamis (18/12) itu mencetak rekor koleksi mata uang asing terbanyak.



Museum ini mempunyai koleksi 183 mata uang asing. Sedangkan rekor sebelumnya dipegang warga Surabaya yang hanya mempunyai koleksi 140 mata uang asing. ''Ini merupakan kolektor uang negara-negara dunia terbanyak saat ini,'' kata Manajer Muri Paulus Pangkah.

Sertifikat Muri itu diserahkan Manajer Paulus Pangkah kepada Bupati Purbalingga Triyono Budi Sasongko. Penyerahan yang dilanjutkan pembukaan museum itu dihadiri Pemimpin BI Purwokerto Unang Hartiwan, pejabat BI pusat, dan kalangan perbankan. Usai pembukaan, para tamu menyaksikan koleksi museum.

Pemimpin BI Purwokerto Uang Hartiwan menyambut baik pembukaan museum ini. Pihaknya bahkan siap mendukung pengembangannya. Tidak hanya sekadar memamerkan koleksi, tetap museum ini diharapkan memberikan tambahan pengetahuan kepada pengunjung.

''Seperti bagaimana mengenali ciri-ciri uang khas rupiah. Juga mengenalkan bank sentral di Indonesia. Dengan demikian museum ini banyak nilai lebihnya. Dan museum ini menjadi perpanjangan tangan dari Bank Indonesia dalam sosialisasi pengetahuan masyarakat tentang uang,'' katanya.

Sementara Bupati Triyono menjelaskan, pendirian bangunan museum itu didanai oleh APBD Kabupaten. Namun untuk seluruh isi museum adalah sumbangan pribadinya. ''Ini koleksi saya pribadi. Saya memang pilateli dan numismatika, atau kolektor perangko dan kolektor uang kuno,'' katanya.

(Sumber: Suaramerdeka.com, Kamis, 18 Desember 2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

♦ Kontak Saya ♦

Nama Anda :
Email Anda :
Subjek :
Pesan :
Masukkan kode ini :

.

Photobucket

.

Pyzam Glitter Text Maker