Senin, 02 Februari 2009

Museum Artha Suaka (Bank Indonesia)


Sebenarnya kekayaan numismatik kita banyak sekali. Negara kita mengalami perjalanan sejarah panjang, mulai dari zaman prasejarah (masa sebelum dikenalnya sumber tertulis), masa kerajaan atau kesultanan, masa pendudukan (Belanda dan Jepang), hingga masa pasca kemerdekaan.

Sebagian dari perjalanan sejarah uang Indonesia itu, bisa disaksikan di Museum Uang Artha Suaka, milik Bank Indonesia. Berbagai koleksi menarik dan langka, terdapat di museum ini. Misalnya uang kampua yang terbuat dari kain, berasal dari kerajaan Buton di Sulawesi Selatan. Lalu uang yang ditulis dengan darah. Ada juga uang Krishnala yang terbuat dari emas, berasal dari kerajaan Janggala. Belum lagi uang-uang kuno dari kerajaan-kerajaan lain di Nusantara. Nah, ini hanya sebagian kecil contoh-contohnya:


Uang Krishnala



Uang Kampua



Uang Jambi



Uang Gobog Majapahit



Uang Real Batu (Kerajaan Sumenep)


Selain itu ada juga koleksi uang penerbitan khusus, misalnya uang logam khusus emisi 1970, uang logam khusus seri "Save the Children Fund" 1990, dan uang logam khusus seri "Cagar Alam" 1987.






Pokoknya banyak koleksi uang kuno terdapat di sana. Cuma untuk mengunjungi museum itu tidak mudah, dalam arti mesti minta izin terlebih dulu. Museum ini terletak di kompleks Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Boleh kunjungi secara rombongan, untuk menambah wawasan pengetahuan Anda sekaligus rekreasi keluarga.

Sebelumnya Anda mesti mengetahui Museum Artha Suaka, silakan klik LIHAT MUSEUM.
Jadi Anda sudah memiliki bekal pengetahuan. Dengan demikian Anda tidak bengong saja di sana.

1 komentar:

  1. ternyata Indoenesia begitu kaya dengan sejarah, sepatutnyalah mulai belajar mensejarah, khususnya bagi pemuda dan pemudi Indonesia

    BalasHapus

♦ Kontak Saya ♦

Nama Anda :
Email Anda :
Subjek :
Pesan :
Masukkan kode ini :

.

Photobucket

.

Pyzam Glitter Text Maker