Senin, 02 Februari 2009

Contoh-contoh Grade Uang Kertas


Mahal murahnya koleksi uang kertas tergantung dari grade atau tingkat kondisi koleksi yang bersangkutan. Makin bagus gradenya, tentu semakin mahal harganya. Selama ini di kalangan masyarakat awam selalu timbul anggapan bahwa setiap uang kuno berharga mahal apapun tingkat kondisinya. Padahal di mata nusmismatis atau orang yang mengerti tentang koleksi uang, ya itu tadi, mahal murahnya koleksi selalu dipandang dari grade koleksi tersebut.

Numismatis yang mengerti, misalnya, tidak akan membeli koleksi yang termasuk grade "Good" atau "Poor". Selama masih banyak tersedia di pasaran, mereka cenderung mencari koleksi yang "Unc" atau "EF". Kecuali kalau memang benar-benar langka, yang "Poor" pun jadi.

Koleksi dengan grade "Unc" dinilai paling tinggi sehingga banyak dicari kolektor atau numismatis. Kalau ditinjau dari persentase, boleh dibilang kondisi "Unc" berada di tingkat 100%. Soalnya adalah kondisi "Unc" masih mengkilap, masih bersih, kertas kaku, belum pernah berpindah tangan, belum ada cacad sekecil apapun, dan setiap ujung kertas masih runcing. Kondisi-kondisi di bawahnya berbeda-beda. Ada yang memiliki lipatan atau kotor, ada pula yang bolong atau sobek.

Kalau melihat gambar rasanya lebih mudah. Pelajarilah gambar tersebut, meskipun bukan uang kertas Indonesia. Untuk grading patokannya sama, pokoknya asal uang kertas. Mudah-mudahan Anda menjadi mengerti soal numismatik sehingga tidak ada lagi yang menjual koleksi dengan harga "asal njeplak", ratusan ribu bahkan jutaan padahal koleksinya kotor, sobek, dan berbau.

Lihat contoh-contoh berikut:

Unc (100%)



EF (85%)



VF (70%)


F (50%)


VG (30%)


G (15%)


P


Lihat lebih lengkap di DI SINI. Baca pula soal grading uang kertas YANG INI atau YANG ITU. Standar grading uang kertas versi AS BACA SAJA yang serius.

Nah, ini ada sedikit pengenalan tentang istilah grade di empat negara maju. Buat menambah wawasan pengetahuan Anda saja. Paling tidak, Anda mendapat gambaran secara umum bahwa harga jual suatu koleksi amat tergantung dari grade atau tingkat kondisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

♦ Kontak Saya ♦

Nama Anda :
Email Anda :
Subjek :
Pesan :
Masukkan kode ini :

.

Photobucket

.

Pyzam Glitter Text Maker